Simulasi Gaya pada Pesawat dengan Menggunakan Persamaan Gaya Sederhana

Beberapa bulan yang lalu, saya ada tugas untuk membuat sebuah program simulasi. Saya kepikiran untuk belajar grafika komputer dan sekaligus belajar JavaScript. Saya memilih untuk mempelajari WebGL. Pada awalnya, saya kesulitan karena WebGL step-by-stepnya sangat banyak. Akhirnya, saya bisa juga membuat satu program sederhana.

Susunan kode dari program ini masih “loyo ” dan anda mungkin tidak mengerti apa yang saya buat. Sejujurnya, saya belum mengerti cara kerja DOM sehingga untuk memasukkan nilai ke dalam fungsi saya membuat sebuah variabel global yang nilainya akan dimodifikasi oleh fungsi-fungsi. Sehingga, anda akan melihat di program ini ada dua buah tombol utama. Satu tombol untuk memasukkan nilai dan satu lagi untuk menjalankan fungsi utama.

Arsitektur sebagai berikut. Ada bagian untuk menggambar sebuah pesawat (dua dimensi). Ada bagian fisika yang melakukan hitungan untuk menghitung posisi berdasarkan hukum Newton dan persamaan GLBB. Nilai percepatan terlebih dahulu yang didapatkan dengan menggunakan rumus resultan gaya, a = (sigma F)/ m (seluruh nilai gaya dimasukkan oleh pengguna). Nilai percepatan akan menentukan posisi pesawat dalam sumbu x dan y dengan persamaan GLBB. Nilai x dan y tersebut yang berubah bersama dengan waktu diberikan ke WebGL untuk kemudian ditampilkan di layar monitor.

Berikut ini link-nya jika anda tertarik untuk mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *